Friday 28 August 2009

Bihari, Pendiri Perkumpulan Orang Mati

Sungguh aneh! Apakah itu Perkumpulan Orang Mati?? Siapakah Bihari itu sebenarnya??
Tertarik ??

Bihari, petani kelahiran 1961, mendirikan organisasi Orang Mati bernama Mritak Sangh atau Perkumpulan Orang Mati, didirikan di Uttar Pradesh, negara bagian India. Organisasi ini berdiri dari 1976-1994. Hal ini berawal dari penetapan negara yang menyatakan dirinya telah meninggal. Ia mengetahui dinyatakan telah mati setelah ia mengajukan pinjaman ke bank pada 1976. Namun setelah pihak bank mengecek, bank mendapat info kalau Bihari telah meninggal.

Bihari asli pun tak diterima dikatakan meninggal. Setelah Bihari meneliti, ternyata itu adalah perbuatan pamannya yang ingin merampas harta Bihari, dengan melaporkan kalau keponakannya sudah mati, sehingga ia bisa menguasai hartanya. Si paman menyogok petugas yg berwenang untuk mendapatkan surat kematian Bihari. Semua itu dilakukan si paman tamak tanpa sepengetahuan Bihari, keponakannya, sampai akhirnya Bihari mengetahui sendiri ketika ia harus berurusan dengan bank.

Malangnya, ketika memperjuangkan pengakuan bahwa dirinya masih hidup Bihari mendapat banyak kesulitan. Bukannya sang paman yg dijebloskan ke penjara, sebaliknya Bihari yg dibikin setengah mati oleh birokrasi yg nyelimet. Itulah kekuatan uang! Selama 18 tahun Bihari memperjuangkan pengakuan bahwa dia tidak mati. Bahkan, sampai sampai Bihari mendirikan organisasi aneh, Perhimpunan Orang-orang Mati.

Ihwal berdirinya organisasi orang mati itu karena ternyata Bihari tidak sendiri. Sedikitnya 100 orang mengalami situasi mirip seperti dirinya, dinyatakan resmi mati, padahal masih hidup. Perkumpulan Orang Mati, Mritak Sangh, didirikan di daerah Azamgarh. Perkumpulan ini berkembang dan mempunyai anggota di atas 20.000 orang dari seluruh India. Menjelang 2004, organisasi ini berhasil memperjuangkan empat anggotanya mendapat pengakuan negara bahwa mereka masih hidup. Pada tahun itu pula Bihari berhasil memenangkan kursi parlemen di Lal Ganj.

0 komentar:

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP